Minggu, 31 Mei 2009

Kelompok Yahudi

Ashkenazim

Ashkenazim adalah bentuk plural daripada "Ashkenaz" dari bahasa Ibrani (אשׁכנזי) yang berarti "Jerman". Dalam bahasa Ibrani juga dikenal bentuk אשׁכנזים.

Ini mengartikan orang YahudiEropa, terutama dari Eropa Timur, bahasa yang mereka pakai biasanya adalah bahasa Yiddish. Zaman sekarang kaum Ashkenazim di Eropa sudah hampir punah, mereka banyak didapati di Amerika Serikat dan Israel.

Kaum Ashkenazim, sebagai sebuah kaum yang cukup tertutup banyak yang mengidap penyakit turunan. Tetapi salah satu penyakit turunan yang berhubungan dengan penyakit otak, membuat mereka memiliki skor IQ tertinggi di dunia.


Sefardim

Sefardim adalah bentuk plural dari "Sefard", yang berarti "Spanyol". Kata ini digunakan untuk merujuk orang-orang Yahudi yang berasal dari Iberia (kini Portugal dan Spanyol), termasuk keturunan mereka yang diperintahkan meninggalkan Spanyol ketika penguasa Katolik Ferdinand dan Isabella merebut kembali dari tangan orang Islam Arab dan Yahudi Afrika Utara yang menginvasi Spanyol pada 711 M. (Finkelstein, hlm. 13) Perintah deportasi ini (dijadikan hukum dalam Dekrit Alhambra pada 1492), atau dari Portugal berdasarkan perintah Raja Manuel I pada 1497. Di zaman modern, istilah ini juga digunakan untuk orang-orang Yahudi yang mungkin tidak dilahirkan sebagai Sefardi (atau bahkan juga bukan Yahudi) tetapi menghadiri ibadah di sinagoga-sinagoga Sefardi dan mempraktikkan tradisi Sefardis. Kini ada sekitar 12.000 orang Yahudi di Spanyol dan 500 di Portugal.


Mizrahim

Mizrahim, "mizrakh berarti timur" (dalam bahasa Hebrew/Ibrani untuk "him" ini dalam bentuk plural). Mizrahim atau orang dari timur, yang dimaksud orang dari timur adalah orang suku Yahudi yang pada zaman dahulu berevolusi/mutasi/tinggal di daerah bagian timur(seperti negara yang ada di timur tengah, afrika utara, Asia bagian tengah, India, dan bagian kecil di Asia Timur, yang masih mempunyai hubungan darah atau keturunan Yahudi sampai sekarang.


Antisemitisme

Antisemitisme adalah suatu sikap permusuhan atau prasangka terhadap kaum Yahudi dalam bentuk-bentuk penganiayaan/penyiksaan terhadap agama, etnik, maupun kelompok ras, mulai dari kebencian terhadap individu hingga lembaga.

Fenomena yang paling terkenal akan anti-semitisme adalah ideologi Nazisme dari Adolf Hitler, yang menyebabkan pemusnahan terhadap kaum Yahudi Eropa.

0 Comments:

Post a Comment



Design by Abdul Munir Visit Original Post Islamic2 Template